Thanks To :

Senin, 11 November 2013

Design Permodelan Grafik




Desain grafis

Suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.





Sejarah Permodelan Grafik

Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Tahun ini merupakan tahun revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara masal dengan biaya rendah.

Pada tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu Peter Schoffer mencetak "Latin Bible", "Guterberg Bible" dan lain - lain yang terbit tahun 1456. Pada masa ini juga berkembang seni menghias buku, corak huruf, dan ilustrasi dengan tokoh yang terkenal waktu itu Lucas Cranach dengan karyanya "Where of Babilion". Perkembangan berikutnya ditemukan teknik cetak Lithografi, cetak Lithografi menggunakan teknik cetak dasar yang saling tolak menolak antara air dan minyak, sehingga pada masa ini berkembanglah poster. Tokoh - tokoh seni poster Lithografi antara lain Jules Cheret, Henri de Toulouse Lautrec, dan Eugene Grasset.

Kejayaan kerajaan Romawi telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban barat dengan diadaptasikannya sastra, seni, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani. Pada saat sekarang ini adanya mesin cetak dan komputer telah mempermudah serta mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis.


Aplikasi-aplikasi Desain Permodelan Grafis


- Aplikasi Pengolah Gambar
o   Adobe Illustrator

o   Beneba Canvas

o   Corel Draw

- Aplikasi pengolah Tata Letak 
o   Adobe in design

o   Ms. Publisher

- Aplikasi pengolah Audio Visual
o   Final Cut

o   Power Director

o   Adobe After Efect


- Aplikasi 3 Dimensi dan 2 Dimensi
o   Blender

o   Autocad



Permasalahan

Pengaruh perkembangan teknologi dijaman sekarang ini.

Model desain dari pemrograman




Pengaruh perkembangan teknologi dijaman sekarang ini

Pada jaman sekarang ini adanya komputer dan tekonologi lainnya juga merupakan hal yang secara cepat melakukan perkembangan penggunaan seni desain grafis dan dampaknya sudah sampai pada kalangan bawas sampai ke atas. Contohnya yang sering menggunakan teknik design grafis yaitu beberapa media seperti Koran, majalah, tabloid, website. Didalam keseharian kita juga sering kita temukan berbagai macam desain grafis seperti yang sering kita saksikan ditelevisi layaknya kartun doraemon dan banyak lainnya.

Untuk saat ini perkembangannya sudah sangat maju sekali, segala aspek pun banyak menggunakan desain grafis. Namun akhir-akhir ini banyak sekali penyalah gunaan dari teknologi tersebut seperti aspek negative yang sering dimunculkan oleh orang orang yang tidak mau tau bahaya dari menggunakan teknologi tersebut secara negatif.





Pemecahan masalah menurut saya

Dalam hal design grafis sudah banyak animator membuat sebuah hal yang lebih kreatif lagi dan membuat karyanya se-original mungkin. Sudah banyak saya liat juga animator orang Indonesia dapat beradaptasi dengan animator luar negeri dengan membantu membuat film animasi dengan teknik yang sangat rumit, dan itu juga termasuk mengharumkan nama Indonesia dibidang perfilman.

Desain pemodelan grafis adalah ilmu yang sangat penting dalam hubungan interaksi. karena dengan menggunakan visual interaksi manusia dengan komputer dapat berjalan lancar. dan bagi orang yang awam lebih mudah mengerti dibandingkan dengan menggunakan text command yang harus dihafal untuk berinteraksi dengan komputer.



Kesimpulan

 Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang sangat membantu kita dalam penerapan berbagai bidang dan aspek seperti pendidikan kesehatan dan didalam pemerintahan sekalipun.

Untuk di dunia pendidikan khususnya untuk mahasiswa biasa dipergunakan untuk melakukan presentasi dengan menggunakan tampilan yang sangat menarik agar dosen melihatnya dan orang lain yang melihatnya tertarik dengan materi yang disampaikan. Dan hal tersebut adalah sebuah keuntungan dengan ada nya perkembangan teknologi tersebut.

Sumber :

- GOOGLE
- Reza's Blog

Bekti's Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar