Desain
grafis
Suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan
kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi,
fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Desain grafis pada awalnya diterapkan
untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi
sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Sejarah Permodelan Grafik
Pada
tahun 1447, Johannes Gutenberg menemukan teknologi mesin cetak yang bisa
digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland,
Jerman, untuk menghasilkan anggur. Tahun ini merupakan tahun revolusioner yang
memungkinkan produksi buku secara masal dengan biaya rendah.
Pada
tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust,
dibantu Peter Schoffer mencetak "Latin Bible", "Guterberg
Bible" dan lain - lain yang terbit tahun 1456. Pada masa ini juga
berkembang seni menghias buku, corak huruf, dan ilustrasi dengan tokoh yang
terkenal waktu itu Lucas Cranach dengan karyanya "Where of Babilion".
Perkembangan berikutnya ditemukan teknik cetak Lithografi, cetak Lithografi
menggunakan teknik cetak dasar yang saling tolak menolak antara air dan minyak,
sehingga pada masa ini berkembanglah poster. Tokoh - tokoh seni poster
Lithografi antara lain Jules Cheret, Henri de Toulouse Lautrec, dan Eugene
Grasset.
Kejayaan
kerajaan Romawi telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban barat
dengan diadaptasikannya sastra, seni, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari
Yunani. Pada saat sekarang ini adanya mesin cetak dan komputer telah
mempermudah serta mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis.
Aplikasi-aplikasi
Desain Permodelan Grafis
o
Adobe Illustrator
o
Beneba Canvas
o
Corel Draw
- Aplikasi pengolah Tata Letak
o
Adobe in design
o
Ms. Publisher
- Aplikasi pengolah Audio Visual
o
Final Cut
o
Power Director
o
Adobe After Efect
o
Blender
o
Autocad
Permasalahan
Pengaruh
perkembangan teknologi dijaman sekarang ini.
Model
desain dari pemrograman
Pengaruh perkembangan teknologi
dijaman sekarang ini
Pada jaman sekarang ini adanya komputer
dan tekonologi lainnya juga merupakan hal yang secara cepat melakukan
perkembangan penggunaan seni desain grafis dan dampaknya sudah sampai pada
kalangan bawas sampai ke atas. Contohnya yang sering menggunakan teknik design
grafis yaitu beberapa media seperti Koran, majalah, tabloid, website. Didalam keseharian
kita juga sering kita temukan berbagai macam desain grafis seperti yang sering
kita saksikan ditelevisi layaknya kartun doraemon dan banyak lainnya.
Untuk saat ini perkembangannya sudah
sangat maju sekali, segala aspek pun banyak menggunakan desain grafis. Namun
akhir-akhir ini banyak sekali penyalah gunaan dari teknologi tersebut seperti
aspek negative yang sering dimunculkan oleh orang orang yang tidak mau tau bahaya
dari menggunakan teknologi tersebut secara negatif.
Pemecahan
masalah menurut saya
Dalam hal design grafis sudah banyak animator
membuat sebuah hal yang lebih kreatif lagi dan membuat karyanya se-original
mungkin. Sudah banyak saya liat juga animator orang Indonesia dapat beradaptasi
dengan animator luar negeri dengan membantu membuat film animasi dengan teknik
yang sangat rumit, dan itu juga termasuk mengharumkan nama Indonesia dibidang
perfilman.
Desain
pemodelan grafis adalah ilmu yang sangat penting dalam hubungan interaksi.
karena dengan menggunakan visual interaksi manusia dengan komputer dapat
berjalan lancar. dan bagi orang yang awam lebih mudah mengerti dibandingkan
dengan menggunakan text command yang harus dihafal untuk berinteraksi dengan
komputer.
Kesimpulan
Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang sangat membantu
kita dalam penerapan berbagai bidang dan aspek seperti pendidikan kesehatan dan
didalam pemerintahan sekalipun.
Untuk di dunia pendidikan khususnya untuk mahasiswa biasa
dipergunakan untuk melakukan presentasi dengan menggunakan tampilan yang sangat
menarik agar dosen melihatnya dan orang lain yang melihatnya tertarik dengan
materi yang disampaikan. Dan hal tersebut adalah sebuah keuntungan dengan ada
nya perkembangan teknologi tersebut.
Sumber :
- GOOGLE
- Reza's Blog
- Bekti's Blog
Sumber :
- Reza's Blog
- Bekti's Blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar