Thanks To :

Jumat, 13 April 2012

Manusia dan Kebudayaan

Manusia merupakan unsur utama pembentuk kebudayaan. tanpa adanya manusia, maka kebudayaan tidak akan terbangun. manusia diciptakan oleh tuhan dengan intelegensi dan kecerdasan, sehingga dapat membangun kebudayaan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Perbeadannya manusia dengan makhluk lain itu jelas adanya. Pertama manusia mempunya akal dan pikiran yang sangat kuat untuk dipergunakan, manusia mempunya banyak hal yang bisa ia lakukan tanpa ada batasannya dan juga manusia bisa lebih banyak mengekplorasi dirinya dalam berbagai banyak hal.
Jadi jelas dari perbedaan yang ada, kita mempunyai akal pikiran / kecerdasan seperti malaikat salah satunya kita dapat membedakan mana yang baik / pantas kita lakukan. Tidak halnya dengan binatang yang hanya diberikan hawa nafsu tanpa adanya akal pikiran yang melakukan sesuatu nya bebas. Maka Itulah kesempurnaan kita, manusia diberikan hawa nafsu dan akal pikiran agar kita dapat mengimbanginya. Bilamana kita berprilaku seperti hewan betapa lebih buruknya kita daripada binatang tersebut. Kenapa tidak? Kita manusia yang sudah diberikan akal pikiran tetapi mempunyai sikap seperti binatang yang tidak mempunyai akal pikiran. Dan kita termasuk dalam golongan orang yang merugi.

Kata budaya Kata budaya atau kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. banyak hal-hal yang dapat kita pelajari tentang definisi kebudayaan
Tokoh :
  1. Abdurahman Wahid -> Tokoh politik
  2. Abdullah Gymnastiar -> Tokoh Politik
  3. Boediono -> Tokoh Ekonomi
Wujud Kebudayaan yang terjadi pada Indonesia sangat banyak termasuk wujud yang baik dan yang buruknya. 
1. Yaitu wujud baiknya semakin membawa Indonesia kearah kesenjangan waktu yang lebih baik lagi kalau di bidang Politik tapi ada juga dampak buruknya. Petinggi negara mempermainkan jabatannya di atas sana sebagai sarana untuk mementingkan diri sendiri, bukan malah menyejahterakan rakyatnya sendiri.
2. Wujud berikutnya bisa membuat Indonesia dikenal oleh bangsa lain dengan kebudayaan daerah masing masing yang ada di Indonesia dengan memperkenalkannya , melestarikannya . Tapi ada juga sisi yang tidak baiknya, kebudayaan kita di daerah-daerah di ambil oleh bangsa tetangga kita yang menyebutnya sebagai kebudayaan asli negara mereka.

Yang menjadi masalah pokok dalam manusia mengenai kebudayaan itu sendiri yaitu :
1. Kurang melestarikan kebudayaan Indonesia sehingga mudah untuk diambil oleh negara tetangga .
2. Kurangnya fasilitas pemerintah kita untuk bisa merawat dan melestarikan kebudayaan tersebut
3. Lebih mementingkan kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia karna lebih mengikuti TREND yang terjadi sekarang ini .


Sumber :
1. Warta Warga Gunadarma
2. Mbah Google
3. My Mind :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar